Pengerjaan Sodetan Ciliwung Setelah Mangkrak, Wali Kota Jaktim: Tak Ada Kaitan dengan Pencabutan Kasasi Anies

Pengerjaan Sodetan Ciliwung Setelah Mangkrak, Wali Kota Jaktim: Tak Ada Kaitan dengan Pencabutan Kasasi Anies

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar menyatakan sambungan pengerjaan proyek sodetan Ciliwung tidak tersedia kaitannya dengan pencabutan kasasi yang ditunaikan di masa Gubernur DKI Anies Baswedan. 

Anwar menyatakan dilanjutkannya pengerjaan proyek pengendalian banjir di Jakarta itu tidak tersedia hubungannya kebijakan Anies Baswedan mencabut kasasi yang ditunaikan gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama.

"Bukan kasasi, ya. Itu kan pernah penloknya dipindahkan. Awalnya penloknya di atas permukiman warga, dipindahkan penloknya ke aset Pemprov DKI. Gitu aja," ujarnya.

X

Harga-390rb-REMP-1 Tips Sukses Untuk Lolos Seleksi Penerimaan Polri

Anwar sesudah itu menjelaskan, proyek sodetan Ciliwung yang mangkrak selama enam tahun itu adalah pada pengerjaan inlet atau area air masuk. "Yang sana, yang inletnya itu," kata Anwar waktu ditemui di SMP 51 Jakarta, Jakarta Timur, Jumat, 10 Februari 2023.

Adapun pengerjaan sodetan Ciliwung yang ditunaikan di masa Pj Gubernur DKI Heru Budi adalah outlet atau area nampak air.

Baca Juga:

Daftar RT dan Jalan di Jakarta yang Banjir akibat Hujan Sedang hingga Lebat Hari Ini

"Kan telah dijawab Pak Gubernur waktu itu, inlet nya masa Pak Anies, outletnya Pak Pj (Heru Budi)," kata dia.

Pengerjaan outlet itu, kata Anwar, berlangsung pada 2022/2023. "(Tahun) 2022-2023," ucapnya.

Tidak tersedia kaitannya dengan pencabutan kasasi di Era Anies Baswedan

Anwar memastikan bahwa pengerjaan tersebut, sekali ulang tidak tersedia hubungannya dengan pencabutan kasasi Persyaratan Penerimaan Pa PK TNI (Reguler) TA

"Bukan, nggak tersedia kaitan sama situ. Lain ya, inlet dengan oulet beda. Inlet ada di Bidara Cina, outletnya tersedia di Cipinang Besar Selatan," kata dia.

Jokowi kaget sodetan Ciliwung bisa berlanjut di masa Heru Budi

Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengaku kaget setelah menyadari proyek sodetan Ciliwung yang selama ini, katanya, mangkrak selama enam tahun bisa ulang dilanjutkan les kedinasan .

Ia mengaku tak menyadari jurus apa yang dipakai Pj Gubernur DKI Heru Budi untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Tak hanya Jokowi, Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono pun menyampaikan hal serupa. Ia mengaku menguntungkan kini DKI Jakarta dipimpin Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono sehingga proyek pengendalian banjir jakarta itu bisa tuntas.      

Menurut Jokowi, proyek Sodetan Ciliwung selama ini terhambat dengan pembebasan lahan. Karena itu, ia mengaku salut dengan kerja Heru Budi Hartono yang bisa menyelesaikan masalah ini hanya dengan waktu 1,5 bulan.   

“Ini tempo hari 1,5 bulan telah dibebaskan lahan di sini sehingga bisa diawali ulang pengeborannya,” ucap Jokowi layaknya dikutip berasal dari laman Sekretariat Kabinet, Selasa, 24 Januari 2023. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengungkap Keunggulan Terapi Ortho K untuk Mata Minus

Mengenal Lebih Jauh Tentang Printer Barcode